Senin, 03 Oktober 2011

Menjelang Pengumuman Pemenang Lomba Cipta Puisi Padang 2011


Siapa sangka bila antusias peserta mengikuti Lomba Cipta Puisi Padang 2011 cukup tinggi. Ini sangat menggembirakan kami—pengurus Ikatan Alumni SMA Don Bosco (IADB) Padang—sebagai pihak penyelenggara. Dalam waktu relatif singkat, 2 bulan, puisi yang masuk ke email panitia berjumlah 511 judul dengan jumlah peserta 343 orang.

Lomba Cipta Puisi ini digelar atas dasar cita-cita luhur pengurus IADB Padang untuk memberikan apresiasi dan menumbuhkan kecintaan terhadap karya sastra khususnya puisi. Tema Padang diambil untuk mengingatkan kembali masyarakat Indonesia bahwa di kota yang rancak itu pernah lahir dan tumbuh peradaban kesusasteraan yang mewarnai dunia sastra Tanah Air. Roman Siti Nurbaya karangan Marah Rusli mewakili karya sastra yang lahir di kota itu dan cukup melegenda hingga kini.

Lomba ini bertujuan untuk menyebarkan semangat menulis puisi khususnya di kalangan siswa dan mahasiswa agar tumbuh kecintaan mereka menulis karangan. Beberapa sastrawan mengeluhkan banyak siswa yang rabun membaca dan pincang menulis. Mudah-mudahan, dengan melampaui target jumlah peserta lomba ini (semula hanya ditargetkan 300-an puisi, pen) kecemasan akan lemahnya budaya baca buku dan menulis karangan dapat terobati. Dan, melihat jumlah peserta yang sangat banyak, kami optimis budaya menulis tetap tumbuh di kalangan masyarakat Indonesia khususnya siswa dan mahasiswa. Maka, lomba ini menjadi salah satu cara memberikan wadah kepada mereka serta mencari penulis berbakat yang kemudian hari dapat kita nikmati karya-karya fundamental yang lahir dari tangan mereka.

Pasca ditutupnya penerimaan naskah Lomba Cipta Puisi Padang (deadline 30 September 2011), saat ini dewan juri sedang bekerja keras menilai dan memilih karya-karya terbaik dari peserta. Penjurian sangat ketat. Kami berharap karya pemenang benar-benar sesuai yang diharapkan, baik bobot isi maupun kualitas puisi yang ditulis. Makanya kami memilih dewan juri yang cukup berkompeten di bidangnya yang diakhir lomba nanti akan kami umumkan nama-nama mereka.

Dalam menentukan Pemenang Utama kami lakukan beberapa tahap, yaitu (bila tidak halangan), pada 5 Oktober 2011, akan kami umumkan 150 puisi pilihan yang direncanakan akan dibukukan. Pada 8 Oktober 2011 kami umumkan 50 Puisi Terbaik yang masuk nominasi. Dari jumlah 50 puisi itu, dewan juri final nantinya akan memilih 3 Pemenang Utama, dan 7 Puisi Terpuji. Sementara, 40 puisi lainnya otomatis akan diterbitkan menjadi buku antologi “Padang dalam Puisi” dengan total puisi 150 judul.

Secara umum, puisi-puisi yang dikirim peserta bernilai baik dan sesuai tema. Tentu nilai terbaik dewan jurilah yang berhak mengumumkannya.
Panitia dengan didukung sejumlah sponsor, telah menyediakan sejumlah hadiah menarik buat para pemenang, yaitu:
Juara 1:
Paket Perjalanan Wisata ke Malaysia + Uang tunai Rp1.000.000,- + Piagam Penghargaan + Paket Buku

Juara 2:
Paket Perjalanan Wisata ke Malaysia + Uang tunai Rp750.000,- + Piagam Penghargaan + Paket Buku

Juara 3:
Uang Tunai Rp500.000,- + Piagam Penghargaan + Paket Buku

TUJUH PUISI TERPUJI AKAN MENDAPATKAN HADIAH PAKET BUKU DARI SPONSOR.
PANITIA PENYELENGGARA
IKATAN ALUMNI SMA DON BOSCO PADANG

Penanggung Jawab:

1. Dadang Gozali (Ketua Harian IADB)
2. Veridiana Somanto (Sekum IADB)

Ketua Panitia:
Sastri Yunizarti Bakry (Wakil Ketua IADB)

Sekretaris Panitia:
Nita Indrawati (Pemred Buletin Rancak IADB)

Sumber foto: http://niadilova.blogdetik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar